Belajar Flash dari http://mmursyidpw.wordpress.com/
Ikut menyebarkan Tutorial dari : http://mmursyidpw.wordpress.com/
- Menggunakan ‘Behaviors’ pada Flash
- Menggunakan Action Script ‘Loadmovie Level dan Loadmovie Target’ pada Flash
- Membuat Latihan Soal Drag and Drop dengan Flash
- Membuat Sound Volume Controll pada Flash
- Membuat Background Musik ‘Play Across Slide’ pada Powerpoint 2007
- Membuat Latihan Soal Interaktif Uraian Singkat dengan Flash
- Kuis Kompetensi Guru
- MPI Bahasa Inggris ‘Learning Report’
- Membuat Feedback dan Skor pada Kuis Berbasis Flash
- Membuat Latihan Soal Interaktif dengan Flash
- Membuat Latihan Soal Interaktif dengan Powerpoint 2007
- Animasi Jaringan Floem dan Xilem pada Tumbuhan
- Latihan UN Bahasa Inggris ‘Melengkapi Paragraf Rumpang’
- MPI Descriptive Text _Reading
- Media Presentasi Pembelajaran ‘We are the World’
- Short Functional Text Quiz – part2
- Short Functional Text Quiz – part1
- Tips Mengelola Menu Multimedia Presentasi Pembelajaran
- Cara Membuat Media Presentasi dengan Pop-Up Menu pada PowerPoint
- Membuat Media Presentasi Pembelajaran Lebih Dinamis Menggunakan Trigger
- Membuat Feedback pada Latihan Soal Interaktif dengan Flash
- Jaringan Meristem Apikal Tumbuhan
- Membuat Kuis Interaktif pada Multimedia Pembelajaran Berbasis Flash
- Multimedia Presentasi Pembelajaran Bahasa Inggris ‘NARRATIVE’
- Taklukkan Flash ‘Si Raja Animasi’
- Info Terbaru Lomba Multimedia Interaktif LPMP Jawa Tengah 2010
- Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar
- Presentasi ‘Penggunaan TIK untuk Pembelajaran’ dengan Flash
- Multimedia Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris ‘Learning Description/Descriptive Text’
- Contoh Animasi Flash ‘Penyerbukan dan Pembuahan’
- Dari Pada Stress
- Peran Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam Perancangan Media Pembelajaran Berbasis TIK
- Memahami Rekayasa Perangkat Lunak dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer
- Menggunakan Fasilitas ‘Extend Desktop’ Saat Presentasi
- Membuat Animasi Masking pada Flash
- Menggunakan Triggers untuk Membuat Kuis Interaktif pada Powerpoint 2007
- Guru Harus ‘ICT Literate’ (Melek TIK)
- Pelatihan ICT Master Trainer 2010
- Rumah Masa Depan
- Memanfaatkan Google Sites’ Cabinet Untuk Berbagi File
- Multimedia Interaktif Pelatihan Soal UN Bahasa Inggris
- Kreasi Merakit Microphone dengan Spidol Bekas
- Melalui BERMUTU Guru Akrabi ICT
- Ms. Powerpoint Versus Adobe Flash
- Berbagi Multimedia Pembelajaran Interaktif
- Saatnya Sekolah Berbenah Diri Mempersiapkan Guru Memanfaatkan ICT
- Memanfaatkan Mesin Pencari Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran (Tips Untuk Guru)
- Siswa, Guru, dan Pejabat NgeBlog – Mengapa Tidak
- SWF Kit: Alternatif Solusi Mengeksekusi Rombongan File Flash Beserta Pendukungnya Menjadi Satu File Aplikasi
- Merekam Suara dengan Komputer
- Pemanfaatan Media Berbasis ICT dalam Mengimplementasikan PAKEM
saya sebagai penggemar blog tersebut merasa sangat terbantu, sengaja saya mencantumkan link ini agar saya lebih mudah mengakses blog tersebut !!!
Membuat Media Pembelajaran
Multimedia Pembelajaran adalah media pembelajaran yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi dan interaktif sehingga dapat berfungsi sebagai alat bantu guru dalam mengajar dan sebagai aplikasi/software belajar mandiri bagi siswa.
Bagi Guru Multimedia Pembelajaran adalah bukan merupakan hal yang asing lagi. Dengan Perkembangan Teknologi Informasi sekarang ini Guru Sangat dipermudah dalam membuat media Pembelajaran berbasiskan TIK. Dengan alat bantu ini diharapkan mampu menarik minat siswa dalam mempelajari suatu materi atau mampu menstimulus siswa, mampu mengikuti kemajuan Teknologi informasi, membantu pemahaman siswa mempelajari suatu materi dengan ilustrasi, gambar,video atau animasi di rumah, mempermudah guru dalam melakukan pengajaran di kelas paralel dan satu lagi menumbuhkan tradisi pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
Pada dasarnya Media Pembelajaran itu di bagi menjadi 2 bagian yaitu :
- Media Presentasi Pembelajaran disingkat MPP
- Software Pembelajaran Mandiri (SPM) atau Media Pembelajaran Mandiri
1. Media Presentasi Pembelajaran :
Media ini merupakan Alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas namun tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Berupa pointer-pointer materi yang disajikan (explicit knowledge) dan bisa saja ditambahi dengan multimedia linear berupa animasi dan video untuk memperkuat pemahaman siswa. Media Jenis ini dapat dibuat atau dikembangkan dengan software presentasi seperti:, Microsoft PowerPoint, OpenOffice Impress.
2. Software Pembelajaran Mandiri / Media Pembelajaran Mandiri
Adalah Software pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri atau tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge (pengetahuan tertulis yang ada di buku, artikel, dsb) dan tacit knowledge (know how, rule of thumb, pengalaman guru). Tentu karena menggantikan guru, harus ada fitur assesment untuk latihan, ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalahnya. Jenis Media ini dapat di buat dengan menggunakan software seperti Macromedia Authorware, Macromedia Flash, Macromedia Dreamwever, Macromedia Director. Bisa juga Kita gunakan software yang mudah seperti OpenOffice Impress atau Microsoft PowerPoint, dengan catatan harus jeli dan cerdas memanfaatkan berbagai efek animasi dan fitur yang ada di kedua software terebut.
Tulisan ini sebenarnya bertujuan untuk membangkitkan dan memasyarakatkan multimedia pembelajaran di daerah kami, yaitu di daerah Kandangan Kab. Hulu Sungai Selatan Kalsel ( Yang dah tahu dan bisa gak usah protes ). Meskipun syarat pokok membuat multimedia pembelajaran dalam tulisan ini tidak musti seratus persen benar namun paling tidak tulisan ini telah mengambil sumber-sumber yang menurut penulis adalah benar. Penulis Pernah satu kali mengikut Lomba Membuat Multimedia Pembelajaran tingkat Nasional tahun 2006yang diselenggarakan oleh DEPDIKNAS dengan hasil tidak menang alias tidak masuk dalam nominasi, hal itu tidak masalah yang penting kita telah bisa membuat media pembelajaran, hanya tinggal memoles kekurangan sedikit disana-sini, serta paling tidak multimedia yang telah kita buat bisa kita gunakan dalam pengajaran di sekolah sendiri. Saat itu Penulis menggunakan Software Macromedia Flash Untuk Lomba Multimedia jenis SPM, sedangkan untuk Lomba multimedia jenis MPP Penulis menggunakan Software UVS dan Adobe After Effect.
Sesuai Pedoman Lomba Multimedia Pembelajaran yang dikembangkan oleh DEPDIKNAS maka Penulis merangkum syarat membuat multimedia Pembelajaran khususnya jenis Software Pembelajaran Mandiri (SPM). Berikut sekilas Syarat Pokok yang harus dipenuhi dalam membuat sebuah multimedia pembelajaran :
I. Syarat Isi multimedia Pembelajaran :
I. Syarat Isi multimedia Pembelajaran :
- Identitas Program Pembelajaran mencakup :
a. Sasaran Kelas dan Semester
b. Standart kompetensi
c. Komptensi Dasar
d. Indikator
e. Petunjuk Belajar
f. Sajian materi
g. Topik/Pokok Bahasan
- Materi Pembelajaran, berisi uraian materi pokok, dalam menysusun materi harus memperhatikan aspek :
a. Kesesuaian topik/pokok bahasan dengan isi materi
b. Kebenaran teori dan konsep materi
c. Ketepatan penggunaan istilah sesuai bidang keilmuan
d. Kedalaman materi
e. Aktualitas
- Evaluasi/ Penilaian, mencakup :
a. Latihan Soal dan Pembahasan
b. Evaluasi Akhir
c. Kunci Jawaban
d. Pembahasan
- Referensi, meliputi :
a. Sumber bahan cuplikan ( Jika ada )
b. Daftar Pustaka
- Identitas Pembuat Media Pembelajaran.
Syarat Keseluruhan diatas Jika dibuat sebuah contoh Menu Utama dan sub menu dalam sebuah media pembelajaran MP. TIK SMA/MA yang Penulis Buat namun tidak jadi diikutkan lomba pembuatan media tahun 2007 yang lalu, kira-kira seperti gambar berikut :
II. Syarat Desain Pembelajaran
- Kejelasan tujuan pembelajaran (realistis dan terukur)
- Relevansi tujuan pembelajaran dengan Kurikulum/SK/KD
- Kesesuaian materi, pemilihan media dan evaluasi (latihan, test, kunci jawaban) dengan tujuan pembelajaran
- Ketepatan penggunaan media yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran Sistematika yang runut, logis, dan jelas
- Interaktivitas
- Penumbuhan motivasi belajar
- Kontekstualitas
- Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar
- Kejelasan uraian materi, pembahasan, contoh, simulasi, latihan
- Relevansi dan konsistensi alat evaluasi
- Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran
- Pemberian umpan balik terhadap latihan dan hasil evaluasi
III. Syarat Rekayasa Perangkat Lunak
- Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan
- Reliabilitas (kehandalan)
- Maintainabilitas (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah)
- Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasian)
- Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/multimedia/tool untuk pengembangan
- Kompatibilitas (dapat diinstalasi dan dijalankan diberbagai hardware dan software yang ada)
- Pemaketan multimedia pembelajaran secara terpadu dan mudah dalam eksekusi
- Dokumentasi multimedia pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap), penggunaan, trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif), desain program (jelas dan menggambarkan alur kerja program)
- Reusabilitas (sebagian atau seluruh multimedia pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan multimedia pembelajaran lain)
IV. Syarat Komunikasi Visual
- Komunikatif: unsur visual dan audio mendukung materi ajar, agar mudah dicerna oleh siswa
- Kreatif: visualisasi diharapkan disajikan secara unik dan tidak klise (sering digunakan), agar menarik perhatian
- Sederhana: visualisasi tidak rumit, agar tidak mengurangi kejelasan isi materi ajar dan mudah diingat
- Unity: menggunakan bahasa visual dan audio yang harmonis, utuh, dan senada, agar materi ajar dipersepsi secara utuh (komprehensif)
- Penggambaran objek dalam bentuk image (citra) baik realistik maupun simbolik
- Pemilihan warna yang sesuai, agar mendukung kesesuaian antara konsep kreatif dan topik yang dipilih
- Tipografi (font dan susunan huruf), untuk memvisualisasikan bahasa verbal agar mendukung isi pesan, baik secara fungsi keterbacaan maupun fungsi psikologisnya
- Tata letak (lay-out): peletakan dan susunan unsur-unsur visual terkendali dengan baik, agar memperjelas peran dan hirarki masing-masing unsur tersebut
- Unsur visual bergerak (animasi dan/atau movie), animasi dapat dimanfaatkan untuk mensimulasikan materi ajar dan movie untuk mengilustrasikan materi secara nyata
- Navigasi yang familiar dan konsisten agar efektif dalam penggunaannya
- Unsur audio (dialog, monolog, narasi, ilustrasi musik, dan sound/special effect) sesuai dengan karakter topik dan dimanfaatkan untuk memperkaya imajinasi
Nah, Jika Kita perhatikan dari semua syarat diatas memang sungguh sebuah media pembelajaran yang sangat sempurna Dalam tulisan ini Penulis hanya memberikan Pedoman/Tutorial Tehnik Membuat Media Pembelajaran Mandiri. dengan menggunakan Macromedia Flash. Mengenai masalah Kandungan / Isi Materi dan evaluasi diserahkan kepada masing-masing sesuai mata pelajaran yang diajarkan.