LAPORAN
PROGRAM
PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SEMESTER
1 TAHUN AJARAN 2011/2012
DI
SD NEGERI MANGUNSARI 02
SALATIGA
Oleh
:
ACHMAD
NURUL MUBIN
NIM:
292008018
PROGRAM
STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
HALAMAN
PENGESAHAN
Laporan ini disusun sebagai tugas akhir mata kuliah PPL
S1 PGSD-FKIP-UKSW
dilaksanakan pada Semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 . SD Negeri Mangunsari 02
Salatiga
Pada tanggal, 02
November 2011
Disahkan oleh
Kepala Sekolah
SD Negeri Mangunsari 02
( Rifatun, M.Pd )
NIP. 19641228 198803 2 003
|
Guru Pamong
( Mulyono )
NIP. 19580510198608101
|
Disetujui Oleh
Dosen Pembimbing
(
Ridha Sarwono, S.Sn)
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa karena atas berkat dan anugerahNYA yang begitu besar kepada penulis,
sehingga penulis dapat menyelesaikan Program Pengalaman Lapangan (PPL) program
S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana di Sekolah Dasar Negeri Mangunsari 02
Salatiga.
PPL merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh
mahasiswa FKIP S1 PGSD, melalui PPL penulis dapat memperoleh pengalaman, dan
keterampilan dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran di sekolah sehingga
kelak dapat menjadi guru yang profesional. Laporan PPL ini ditulis berdasarkan pelaksanaan PPL yang
diselenggarakan mulai dari tanggal 14 Juli 2011 sampai dengan tanggal 22
Oktober 2011 di SD Negeri Mangunsari 02 Salatiga.
Dalam penulisan laporan ini, penulis menyadari bahwa
banyak kekurangan yang dimiliki, sehingga bimbingan, serta dorongan dari berbagai pihak baik secara moral ,
spiritual maupun material sangatlah membantu penulis dalam menyelesaikan
makalah ini dengan baik. Untuk itu penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1. Dr. Bambang Suteng Sulasmo, M.Si selaku Dekan FKIP – UKSW
2. Heri Sanyoto. M.Pd. selaku
Kaprogdi S1 PGSD FKIP UKSW, yang telah memperlancar program S1 PGSD FKIP UKSW.
3. Ridha Sarwana selaku Dosen Pembimbing
4. Petra Kristi selaku Wali studi yang telah membekali saya
dengan segala keterampilan mengajar dalam pengajaran dan membimbing selama PPL sedang berlangsung.
5. Para Dosen S1 PGSD FKIP UKSW yang tidak dapat disebut
satu persatu, yang telah banyak memberikan dorongan, bimbingan dan membekali
saya dengan ilmu pengetahuan sehingga terselesaikannya laporan PPL ini.
6. Rifatun. M.Pd.
selaku kepala sekolah SDN Mangunsari 02 Salatiga yang telah membantu
saya dalam memfasilitasi terselenggarakannya kegiatan PPL serta memberikan motivasi dan dorongan
selama PPL berlangsung.
7. Mulyono selaku guru pamong yang telah banyak membantu,
membimbing dan memotivasi serta mengarahkan saya sehingga kegiatan PPL ini
dapat terselesaikan.
8. Bapak dan Ibu guru SDN Mangunsari 02 Salatiga yang telah
membimbing dan memberikan masukan baik kritik maupun saran yang membangun
selama pelaksanaan PPL.
9. Siswa-siswi SDN Mangunsari 02 Salatiga yang selalu
menemani serta membantu saya dalam pelaksanaan PPL.
10. Kedua orang tua yang selama ini telah memberi motivasi
baik secara material maupun spiritual.
11. Teman-teman PPL di SDN Mangunsari 02 atas dorongan dan
persahabatan yang terjalin manis, sehingga saya dapat melaksanakan dan
menyelesaikan PPL dengan baik.
Salatiga, 02 November 2011
Penulis
Achmad Nurul Mubin
1.1
Latar Belakang ……………………………………………………………..1
1.2
Tujuan PPL …………………………………………………………...……2
1.3
Motivasi PPL …………………………………………………………...….3
2.1 Pengertian …………………………………………………………………..4
2.2 Tujuan Observasi ……………………………………………………...…...4
2.3 Sasaran Observasi ………………………………………..............................4
BAB III. LAPORAN LATIHAN MENGAJAR TERBIMBING............................8
3.1. Pengertian Latihan Mengajar
Terbimbing ....................................................8
3.2 Tujuan Mengajar Terbimbing
........................................................................8
3.3 Pelaksanaan Latihan Mengajar
Terbimbing ..................................................9
3.4 Hambatan Dalam
Praktik Mengajar Terbimbing…..……………….……..17
3.5 Cara Mengatasi
Hambatan Dalam Praktik Mengajar Terbimbing…...…...17
BAB IV. LAPORAN LATIHAN MENGAJAR MANDIRI............................................19
4.1 Pengertian Latihan Mengajar
Mandiri .........................................................19
4.2 Pelaksanaan Latihan Mengajar
Mandiri.......................................................19
4.3 Hambatan dalam praktek mengajar mandiri …………..…...……………..21
4.4 Cara mengatasi
hambatan dalam praktek mengajar mandiri …………..…21
BAB V. LAPORAN NON MENGAJAR .......................................................................22
5.1 Praktek Non Mengajar
................................................................................22
5.2 Macam-macam Praktek Non
Mengajar ......................................................22
5.2.1 Kegiatan Ekstrakurikuler
.........................................................................22
5.2.2 Administrasi
Sekolah ...............................................................................25
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ...............................................................26
6.1 Kesimpulan ..................................................................................................26
6.2 Saran
............................................................................................................26
Lampiran :
1.
Profil
Sekolah
2.
Visi
dan Misi SDN Mangunsari 02
3.
Denah
SDN Mangunsari 02
4.
Jadwal
Kegiatan Mengajar
5.
Struktur Dan Muatan Kurikulum
6.
Guru
Dan Karyawan Sd N Mangunsari 01
7.
Data
Fasilitas Sekolah
8.
Jadwal
Kegiatan Jeda semester
9.
Foto
Kegiatan Mengajar
10.
Foto
Kegiatan Non Mengajar
11.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar