Animated flag images by 3DFlags.comSEMOGA SEMUA YANG SAYA UPLOAD DI BLOG INI BERGUNA BAGI TEMAN-TEMAN, BLOG INI SEBAGIAN BESAR BERISI TENTANG BAHAN-BAHAN KULIAH SAYA YANG JUGA SAYA GUNAKAN SEBAGAI ARSIP SENDIRI, JADI BANYAK YANG BUKAN TULISAN SAYA SENDIRI... MOHON DIMAKLUMI Animated flag images by 3DFlags.com

Minggu, 09 Oktober 2011

Bagian Bagian dalam Pendahuluan sebuah Penelitian


Pendahuluan berisi alasan-alasan atau latar belakang diadakannya penelitian . Jadi ada beberapa bagian yang termuat dalam  pendahuluan antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Latar belakang masalah, merupakan serangkaian informasi yang berhubungan denga timbulnya masalah yang diteliti. Pokok permasalahan yang menarik atau yang sedang ramai dibicarakan dapat memiliki daya tarik tersendiri daripada dengan pengangkatan permasalahan yang sudah tidak hangat dibicarakan. Dalam latar belakang dapat ditambahkan kalimat-kalimat retoris untuk mengantar pembaca ke pokok permasalahan yang diangkat, dapat pula dicantumkan slogan, ungkapan atau kutipan yang selanjutnya akan dihubungkan dengan tema yang diangkat.
  2. Rumusan masalah, merupakan pernyataan tersurat tentang hal-hal yang akan dicari jawabannya dengan adanya penelitian tersebut.
  3. Tujuan diadakannya penelitian, pada sub bab ini diungkapkan tujuan yang akan dicapai dengan dilakukannya penelitian tersebut.
salah satu contoh pendahuluan. Contoh pendahuluan karya dari M. Suteja tentang Bahaya Narkoba.
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Bahaya narkoba atau narkotika telah diketahui secara luas. Namun, masih saja banyak yangdoyan menikmati barang laknat itu. Kali ini eL-Ka, menguraikan apa saja yang termasuk dalam golongan narkoba dan bahayanya. Agar kita semua menghindarinya.
Mitra muda, tak dapat dipungkiri bahwa narkoba merupakan wabah paling berbahaya yang menjangkiti manusia di seluruh pelosok bumi. Tidak diragukan lagi, bahwa kelemahan iman dan ketidakbersimpuhan kepada Allah dalam segala kesulitan merupakan faktor terpenting yang mengkondusifkan kecanduan narkoba.
Manusia yang taat beragama pasti akan jauh dari neraka narkoba. Tidak mungkin dia akan mengulurkan tangannya pada narkoba, baik membeli, mengedarkan, maupun menyelundupkannya. Sebab, jalan narkoba adalah jalan setan dan jalan Allah tidak mungkin bertemu dengan jalan setan.
Bahaya bagi pelajar
Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja (pelajar-red) adalah sebagai berikut:
-          Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian,
-          Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,
-          Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,
-          Sering menguap, mengantuk dan malas,
-          Tidak memedulikan kesehatan diri,
-          Suka mencuri untuk membeli narkoba.
  1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, masalah-masalah yang muncul dapat diidentifikasi sebagai berikut:
  1. Banyaknya masyarakat belum mengetahui bahayanya narkoba.
  2. Banyaknya masyarakat belum memiliki pemahaman tentang bahaya narkoba.
  3. Banyaknya masyarakat belum memiliki konsep hidup sehat.
  4. Tujuan
Penulisan karya tulis ini bertujuan:
  1. Agar banyak masyarakat dapat mengetahui bahayanya narkoba.
  2. Agar banyak masyarakat dapat mengetahui pemahaman tentang bahaya narkoba.
  3. Agar banyak masyarakat memiliki konsep hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar