Animated flag images by 3DFlags.comSEMOGA SEMUA YANG SAYA UPLOAD DI BLOG INI BERGUNA BAGI TEMAN-TEMAN, BLOG INI SEBAGIAN BESAR BERISI TENTANG BAHAN-BAHAN KULIAH SAYA YANG JUGA SAYA GUNAKAN SEBAGAI ARSIP SENDIRI, JADI BANYAK YANG BUKAN TULISAN SAYA SENDIRI... MOHON DIMAKLUMI Animated flag images by 3DFlags.com

Senin, 10 Oktober 2011

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN DARI TIAP METODE PEMBELAJARAN BAHASA



1.      Metode Eja
Metode eja adalah belajar membaca yang dimulai dari mengeja huruf demi huruf.  Siswa mulai diperkenalkan dengan lambang-lambang huruf. Pembelajaran metode Eja terdiri dari pengenalan huruf atau abjad A sampai dengan Z dan pengenalan bunyi huruf atau fonem.

Kelebihan metode eja
·         Siswa diharuskan untuk mengetahui setiap lambang huruf jadi siswa lebih cepat dan hafal fonem.
·         Siswa langsung mengetahui bunyi dari setiap bentuk huruf.
Kekurangan metode eja
·         Siswa diharuskan untuk mengetahui setiap lambang huruf kemudian menyusunnya  menjadi kata maka membutuh kan waktu yang lama.
·         Apabila tidak diulang terus menerus kebanyakan siswa akan mudah lupa antara bentuk dan bunyi huruf tersebut.

2.      Metode Suku Kata
diawali dengan pengenalan suku kata-suku kata sederhana kemudian suku-suku kata tersebut dirangkai menjadi kata-kata.

Kelebihan metode suku kata
·         Dalam membaca tidak ada mengeja huruf demi huruf sehigga mempercepat proses penguasaan kemampuan membca permulaan
·         Dapat belajar mengenal huruf dengan mengupas atau menguraikan suku kata suku kata yang dipergunakan dalam unsur-unsur hurufnya
·         Penyajian tidak memakan waktu yang lama
·         Dapat secara mudah mengetahui berbagai macam kata
Kelemahan metode suku kata
·         Bagi anak kesuliatan belajar yang kurang mengenal huruf, akan mengalami kesulitan merangkaikan huruf menjadi suku kata.
·         Siswa akan sulit bila disuruh membaca kata-kata lain, karena mereka akan condong mengingat suku kata yang diajarkan saja.


3.      Metode global
Metode yang memperkenalkan gambar serta kalimat kemudian dari kalimat tersebut diuraikan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Kelebihan metode global
·         Karena menggunakan gambar maka siswa lebih cepat mengerti dan hafal.
Kelemahan metode global
·         Metode global memakai gambar metode ini tidak bisa diterapkan di SD daerah pedesaan karena untuk mendapatkan gambar sangat sulit, jauh dari tempat fotocopy atau print.
·         Mungkin siswa akan menghafal gambar saja, dan tidak terlalu memperhatikan kalimatnya.

4.      Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)
Metode ini dilakukan dengan  terlebih dahulu siswa diperkenalkan kalimat secara utuh kemudian diurai dan dirangkai kembali.
Kelebihan metode SAS
·         Metode ini dapat sebagai landasan berpikir analisis.
·         Dengan langkah-langkah yang diatur sedemikian rupa membuat anak mudah mengikuti prosedur dan akan dapat cepat membaca pada kesempatan berikutnya
·         Berdasarkan landasan linguistik metode ini akan menolong anak. menguasai bacaan dengan lancar.

Kelemahan metode SAS
·           Metode SAS mempunyai kesan bahwa pengajar harus kreatif dan terampil serta sabar. Tuntutan semacam ini dipandang sangat sukar untuk kondisi pengajar saat ini.
·           Banyak sarana yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan metode ini untuk sekolah sekolah tertentu dirasa sukar.
·            Metode SAS hanya untuk konsumen pembelajar di perkotaan dan tidak di pedesaan.
·           Oleh karena agak sukar mengajarkan para pengajar metode SAS maka di sana-sini Metode ini tidak dilaksanakan.


1 komentar: