Animated flag images by 3DFlags.comSEMOGA SEMUA YANG SAYA UPLOAD DI BLOG INI BERGUNA BAGI TEMAN-TEMAN, BLOG INI SEBAGIAN BESAR BERISI TENTANG BAHAN-BAHAN KULIAH SAYA YANG JUGA SAYA GUNAKAN SEBAGAI ARSIP SENDIRI, JADI BANYAK YANG BUKAN TULISAN SAYA SENDIRI... MOHON DIMAKLUMI Animated flag images by 3DFlags.com

Minggu, 09 Oktober 2011

Bagian Tubuh Proposal Penelitian Skripsi



04JAN
A. PENDAHULUAN
Dalam membuat penelitian tugas akhir atau skripsi perlu diungkapkan konsep, gejala atau penerapan untuk mengetahui tujuan dilakukan penelitian. Dari diskripsi tersebut perlu didisampaikan motivasi yang mendorong dilakukan penelitian. Perlu disampaikan uraian tentang justifikasi pentingnya subject penelitian.
Dengan dibuatnya pendahuluan ini dalam proposal penelitian, pembaca dapat mengetahui latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian yang dikuatkan dengan landasan teori utama atau studi awal yang perlu dilakukan.

B. LATAR BELAKANG
Latar belakang menyajikan kontek penelitian, untuk apa penelitian itu dilakukan, dan hal apa yang mengarahkan penelitian itu dilakukan, serta dijelaskan juga tentang hal apa yang mengarahkan penelitian harus dilakukan. Dalam latar belakang penelitian harus diuraikan dalam keadaan bagaimana topik akan dilakukan.
Pada latar belakang penelitian memuat studi awal atau berbagai teori yang relevan dan baru yang dipadukan sehingga mengerucut pada suatu persoalan unik yang kemudian disusun dalam bentuk permasalahan. Pada bagian ini menguraikan kesenjangan, teoritik ataupun praktis antara harapan dan kenyataan.
C. PERUMUSAN MASALAH
Permasalahan dalam penelitian yang akan diselesaikan harus dirumuskan secara jelas, tajam dan fokus. Memuat uraian atau pernyataan berbagai topik pokok yang akan digali. Pada perumusan masalah ini menyebutkan fokus utama dari penelitian yang mencakup berbagai pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian sehingga gambaran tentang apa yang akan diungkapkan dalam penelitian perlu diuraikan dengan jelas. Perlu diingat bahwa semua pertanyaan yang dirumuskan perlu didukung oleh alasan pelandasan yang diperoleh dari studi awal atau teori utama pada bagian sebelumnya.
D. TUJUAN DAN MANFAAT
Penjelasan tujuan penelitian agar dapat tersampaikan dengan jelas tujuan dilakukan penelitian dan target/sasaran yang ingin dicapai. Pada tujuan ini di nyatakan secara singkat dan jelas sesuai dengan permasalahan yang dirumuskan.
Perlu dingat bahwa penelitian dapat bertujuan untuk menjajaki, menguraikan, menjelaskan, membuktikan, atau menerapkan suatu konsep/hipotesa atau membuat suatu prototype. Perlu disampaikan juga tentang manfaat atau kegunaan khusus yang diharapkan dari hasil penelitian.
E. KAJIAN PUSTAKA DAN DASAR TEORI
Penting diperhatikan pada bagian ini, teori, temuan, dan bahan penelitian sebelumnya yang diperoleh dari berbagai referensi yang dijadikan dasar melakukan penelitian yang diusulkan tersebut dibahas. Hal yang relevan dengan subject penelitian atau istilahnya adalah state of the art yang diteliti harus diuraikan.
Kajian pustaka merupakan rangkuman singkat yangkomprehensif tentang semua materi terkait yang terdapat dalam berbagai referensi. Pada bagian ini bisa dituliskan bagaimana keterkaitan antara pustaka satu dengan pustaka yang lain. Perlu dijelaskan peralatan teknik atau teknologi yang digunakan dalam melaksanakan penelitian yang akan atau sedang berlangsung. Materi yang disampaikan diusahakan dari referensi terbaru dan asli, misalnya dari journal papers.
Dasar teori merupakan semua teori yang diambil berdasarkan kajian pustaka yang melatar belakangi permasalahan penelitian. Dasar teori digunakan sebagai pedoman untuk mengerjakan penelitian lebih lanjut. Bentuk dasar teori bisa berupa uraian kualitatif atau model/persamaan matematis.
Semua referensi yang digunakan harus ditulis dalam daftar pustaka sesuai dengan format baku misalnya APA atau seperti yang sudah ditentukan oleh institusi.
F. METODE PENELITIAN
Inti bagaimana penelitian dilakukan diuraikan dalam bagian ini. Pada bagian ini diuraikan desain, metoda, atau pendekatan yang akan digunakan dalam menjawab permasalahan penelitian untuk mencapai tujuan penelitian, serta tahapan penelitian secara rinci, singkat dan jelas.
Uraian dapat berupa parameter penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik/metode dan analisis data, langkah penelitian, teknik observasi (bila dilakukan), serta teori penunjang pelaksanaan penelitian. Apabila dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara, daftar pertanyaan atau quisioner harus dilampirkan.
Pada bagian ini bisa dilengkapi dengan diagram alir tentang langkah-langkah penelitian atau gambar lain yang diperlukan untuk memperjelas metode penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar