Animated flag images by 3DFlags.comSEMOGA SEMUA YANG SAYA UPLOAD DI BLOG INI BERGUNA BAGI TEMAN-TEMAN, BLOG INI SEBAGIAN BESAR BERISI TENTANG BAHAN-BAHAN KULIAH SAYA YANG JUGA SAYA GUNAKAN SEBAGAI ARSIP SENDIRI, JADI BANYAK YANG BUKAN TULISAN SAYA SENDIRI... MOHON DIMAKLUMI Animated flag images by 3DFlags.com

Minggu, 16 Oktober 2011

METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR



Pengertian

Banyak sekali batasan tentang belajar, tetapi penulis berpegang kepada batasan kaum kognisi, khususnya Jean Piaget, yang pada intinya mengemukakan bahwa belajar merupakan interaksi antara individu pembelajar (learner) dengan lingkungan.

Belajar merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenakngkan dan tidak membosankan.

Metode Pemberian Tugas diberikan dengan pandangan bahwa kurikulum itu merupakan segala aktivitas yang dilaksanakan oleh sekolah, baik kegiatan kurikulum itu merupakan segala aktivitas yang dilaksanakan oleh sekolah, baik kegiatan kurikuler, maupun ekstra kurikuler. Pandangan tradisional  berpendapat pemberian tugas dilakukan oleh guru karena pelajaran tidak sempat diberikan di kelas. Untuk menyelesaikan rencana pengajaran yang telah ditetapkan, maka siswa diberi tugas untuk mempelajari dengan diberi soal-soal yang harus dikerjakan di rumah. Kadang-kadang juga bermaksud agar anak-anak tidak banyak bermain.Bahkan sampai saat ini masih banyak guru yang rancu menerapkan metode Pemberian Tugas ini. Banyak yang menganggap bahwa Metode Pemberian Tugas sama dengan pemberian PR.

Untuk pekerjaan rumah, guru menyuruh membaca buku-buku dirumah yang kemudian memberikan pertanyaan-pertanyaan dikelas. Sedangkan pemberian tugas, guru bukan hanya menyuruh murid untuk membaca tetapi juga menambahkan dengan tugas-tugas yang lain, yaitu
a)  Mencari buku-buku lainnya untuk dibaca dan membandingkan dengan buku pelajaran yang
     sedang dipakai.
b)  Murid disuruh mempelajari situasi dan keadaan, baik secara pribadi maupun secara
     kelompok.
c)  Mengamati dan membuat analisis  suatu kejadian/ peristiwa
d)  Memberi tanggapan atau membuat opini atas suatu  yang terjadi
e)  Dan lain - lain

Jadi Metode Pemberian Tugas adalah  suatu metode mengajar yang berupa suatu pemberian pekerjaan oleh guru kepada siswa untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu. Dengan pemberian tugas tersebut siswa belajar dengan cara mengerjakan tugas dari guru. Dalam melaksanakan kegiatan belajar, siswa diharapkan memperoleh suatu hasil yaitu perubahan tingkah laku tertentu sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan

Metode Pemberian Tugas tidak dapat lepas dari Metode Resitasi.Oleh sebab itu sudah seharusnya dua metode ini tidak saling lepas karena untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Di bawah  ini akan diuraikan antara keduanya.

Metode ini mengandung 3 unsur :
Tugas               : pemberian pekerjaan oleh guru  kepada siswa untuk mencapai    tujuan   
                          pengajaran tertentu
Belajar             : dengan mengerjakan tugas  siswa diharapkan memperoleh hasil
                          (performance) tertentu
Resitasi            : melaporkan atau mempertanggungjawabkan hasil pekerjaan / tugas
                          tersebut








Mengapa Metode Pemberian Tugas ?

Suatu metode dipakai oleh guru tentunya memiliki tujuan tertentu berhubungan dengan tujuan pengajaran yang akan dilaksanakan oleh gutu yang bersangkutan.  Sedangkan tujuan penggunaan metode pemberian tugas adalah sebagi berikut :

Tujuan Penggunaan metode Pemberian Tugas dan Resitasi :
1.   Memperdalam pengertian siswa terhadap pelajaran yang telah diterima.
      Dengan longgarnya waktu yang tersedia, siswa memiliki kesempatan untuk dapat  
       memperdalam materi yang relah diterima dan akan diterima.
2.   Melatih siswa ke arah belajar mandiri
      Dengan kemandirian, siswa akan dapat mengatasi masalahnya sendiri sehingga diharapkan
      semua masalah yang dihadapi akan terselesaikan dengan baik. Selain itu, kemadirian akan
      melatih kedewasaan siswa.
3.   Siswa dapat membagi waktu secara teratur
      Keleluasaan siswa menggunakan waktu, siswa dilatih untuk dapat memanage waktunya
      sendiri dan dituntut berpikir dalam konteks skala prioritas. Hal ini tidak mudah karena
      memerlukan latihan pengambilan keputusan antara penting dan kurang penting.
4.   Siswa dpt memanfaatkan waktu terluang utk menyelesaikan tugas
      Selain pengaturan waktu sacara terprogram, siswa juga dapat memanfaatkan waktu
      luangnya untuk kembali pada rugas yang diberikan bukan pada kesenangan semata.
5.   Melatih siswa untuk menemukan sendiri cara-cara yang tepat untuk  menyelesaikan 
      tugas
      Siswa diberikan kebebasan dalam menentukan metode atau cara yang menurut dirinya
      paling mudah dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan guru.
6.  Memperkaya pengalaman-pengalaman di sekolah melalui kegiatan-kegiatan di luar
      kelas siswa terhadap  pelajaran

Langkah-langkah  ( fase )  yang harus diikuti  metode tugas dan resitasi adalah :
a. Fase pemberian tugas
            o  Tujuan yang akan dicapai
o  Jenis tugas yang jelas dan tepat
o  Sesuai dengan kemampuan siswa
o  Ada petunjuk/sumber yang dapat membantu pekerjaan siswa
o  Sediakan waktu yangcukup untuk mengerjakan tugas tersebut
b. Fase pelaksanaan tugas
            o  Diberikan bimbingan/ pengawasan oleh guru
o  Diberikan dorongan sehingga anak mau bekerja
o  Diusahakan /dikerjakan  oleh siswa sendiri, tidak menyuruh orang lain
o  Dianjurkan agar siswa mencatat hasil-hasil yang ia peroleh
c. Fase mempertanggungjawabkan tugas
o  Laporan siswa baik lisan/ tertulis dari apa yang dikerjakannya
o  Ada Tanya jawab/diskusi kelas
o  Penilaian hasil  pekerjaan siswa baik dengan tes maunpun non tes

aKelebihan dan Kekurangan Metode Pemberian Tugas
Penggunaan suatu metode tentunya melalui berbagai pertimbangan karena adanya unsur kelebihan dan kelemahannya.

Kelemahan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi :
1.Memerlukan pengawasan yang ketat baik oleh guru maupun orang tua
   Untuk anak-anak tingkat SD belum memiliki kedewasaan untuk dapat bertanggung jawab  
   terhadap rugasnya sendiri. Oleh sebab itu perlu adanya kerjasama antara guru dan orang tua
   siswa dalam pengawasan pelaksanaan tugas.
2.Sukar menetapkan apakah tugas dikerjakan oleh siswa sendiri atau atas bantuan orang lain
    Kalau tidak ada kerjasama antara guru dan orang tua siswa serta adanya ambisi orang tua
    tertentu, maka kemurnian hasil kerja siswa tidak dapat dijadikan pedoman seratus persen
    bahwa itu hasil kerja siswa.  Apakah guru mampu memonitor seluruh siswanya ?
3.Banyak kecenderungan untuk saling mencontoh dengan teman-teman
    Apakah tidak ada kemungkinan antara siswa yang satu dengan yang lain saling kerjasama
    bahkan siswa tertentu mencontoh peketjaan siswa lain ? Lagi-lagi monitoring dari guru yang
    harus banyak menyediakan waktu untuk memeriksa seluruh aktivitas siswa si rumah.
4.Agak sulit diselesaikan bagi  siswa yang tinggal bersama keluarga yang kurang teratur
5.Dapat menimbulkan frustrasi bila gagal menyelesaikan tugas

Kelebihan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi :
1. Memberi kesempatan siswa  untuk belajar lebih banyak
    Dengan melaksanakan tugas yang diberikan guru, secara otomatis siswa akan belajar lebih
    banyak hal karena siswa tersebut akan melalui tahapan kegagalan menuju keberhasilan.
    Selain belajar siswa sekaligus mendapat pengalaman langsung.
2. Memupuk rasa tanggung jawab
    Tidak musah melatih tanggung jawab pada anak-anak. Dengan merode pemberian tugas ini,
    secara tidak langsung pelatihan tentang tanggung jawab akan  terlampaui sekaligus.
3. Memperkuat motivasi belajar
    Memang ada banyak motivasi belajar yang dialami oleh anak berdasarkan karakter masing-
    masing. Anak dengan type belajar mandiri akan semakin termotivasi dengan metode
    pemberian tugas ini. Selain morivasi karena senang, anak- anak akan  dapat mengerjakan
    tugas dengan baik karena tidak ada tekanan dalam proses belajarnya.
4. Menjalin hubungan kerja sama antara sekolah dengan Orang Tua Siswa
    Pemberian tugas sebaiknya sudah dikoordinasikan dengan orang tua siswa agar kerjasama
    untuk saling mementau/ memonitor aktivitas anak bisa berjalan seimbang antara  aktivitas
    anak di sekolah dan aktivitas anak di rumah. Dengan demikian, kerjasama antara sekolah
    dan orang tua semakin baik demi kemajuan anak. 
5. Mengembangkan keberanian untuk berinisiatif
    Pemberian tugas yang dikerjakan siswa yang tidak terbatas pada ruang dan waktu akan dapat
    memacu ide/ inisiatif siswa secara bebas. Siswa tidak lagi merasa takut ataupun sungkan
    dengan apa yang dilakukan karena tidak berinteraksi langsung dengan orang lain terutama
    gurunya.


Hal – hal yang perlu Pemberian diperhatikan dalam Pemberian Tugas :

Ada beberapa usaha yang perlu diperhatikan untuk mengefektifkan pemberian tugas. Upaya resebut  dapat dijelaskan  sebagai berikut:

(1) Tugas yang diberikan mempunyai pertalian erat dengan bahan yang telah dijelaskan di
      kelas.
(2) Usahakan tugas yang diberikan disadari benar manfaatnya oleh siswa guna menimbulkan
      minat yang lebih besar.
(3) Waktu yang diberikan untuk melaksanakan tugas tidak terlalu lama atau pendek agar tidak
      menimbulkan kejemuan ataupun kecemasan.
(4) Upayakan agar siswa tahu tentang alat dan cara menilai hasil pekerjaan tersebut sehingga
      akan mengurangi banyaknya kesalahan dan rendahnya nilai.
(5) Guru tidak sungkan memberikan hadiah kepada mereka yang berhasil serta hukuman
      kepada mereka yang tidak mengerjakannya dengan konsekuen






Contoh RPP dengan metode pemberian tugas :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.    Identitas

Mata Pelajaran          : Pengetahuan Alam
Kelas/semester          : IV/1
Pertemuan ke            : 1
Alokasi Waktu          : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
Kompetensi Dasar     : 3.1 Mengidentifikasijenis makanan hewan
Indikator                   : - menyebutkan jenis-jenis makanan hewan
                                          - mengidentifikasi makanan hewan
                                          - menggolongkan makanan hewan

B. Tujuan Pembelajaran
1.    Menyebutkan jenis-jenis makanan baik hewan yang hidup di darat dan di air
2.    mengidentifikasi jenis makanan hewan yang ada di sekitarnya atau yang dilihatnya pada multimedia
3.    Membandingkan pengalaman langsung dan melalui audio. Mengamati jenis hewan dan makanannya.
4.    Mengidentifikasi  bentuk gigi hewan sesuai dengan makanannya

C. Materi Pokok :
     Jenis-jenis makanan hewan
1. Jenis-jenis makanan hewan yang hidup di darat
2. Jenis-jenis makanan hewan yang hidup di air

D. Metode Pembelajaran
§  pemberian tugas
§  inkuiri

E. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.      Mengulang sepintas materi yang lalu yang berhubungan dengan kebutuhan makanan pada hewan.
2.      Tanya jawab tentang jenis-jenis makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan.

Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati jenis-jenis hewan dan makanannya dilingkungan sekitar atau mengunjungi kebun binatang
2.      Dengan bimbingan guru, siswa menggunakan audio dan gambar-gambar hewan yang hidup di darat dan diair untuk mengetahui jenis-jenis makanan hewan
3.      Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada lembar kerja
4.      Siswa mengidentifikasi jenis makanan hewan yang ada di sekitar atau yang dilihat di audio
5.      Siswa mengelompokkan jenis-jenis makanan hewan, yaitu jenis makanan dari tumbuhan dan dari hewan
6.      Siswa membuat kartu rantai makanan
7.      Siswa berdiskusi membahas tentang rantai makanan
8.      Siswa mengelompokkan gigi hewan dan jenis makanannya.
9.      Siswa menuliskan pengamatannya pada lembar kerja.
10.  Siswa mengamati membuat laporan tentang mengidentifikasi jenis makanan hewan.
11.  Siswa menggambar bentuk gigi hewan dan jenis makanannya

Kegiatan Akhir
1.      Siswa mengerjakan latihan soal jenis hewan dan makanannya
2.      Siswa melakukan tanya jawab tentang jenis hewan dan makanannya
3.      Guru memberikan penguatan tentang jenis-jenis makanan hewan baik hewan yang hidup di darat dan diair.
4.      Guru memberikan penilaian

F. Sumber Belajar
·     Buku pelajaran
·     Buku cerita
·     Audio
·     Poster
·     Karton
·     Alat-alat tulis
·     gunting

G. Penilaian
·     Pengamatan
·     Tes lisan
·     Tes tertulis
·     Penilaian produk
·     Penilaian Performance unjuk kerja

Latihan 1

Amati hewan-hewan di sekitarmu!
Bagaimana hewan itu memperoleh makanan?
Diskusikan dengan kelompokmu.
Isilah tabel berikut ini sesuai dengan pengamatanmu!
No
Nama Hewan
Jenis makanan
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10



Kesimpulan :
Hewan yang hidup didarat contohnya ......makanannya......
Hewan yang hidup di air misalnya ........makanannya.............
Hewan memerlukan makanan karena .................

Latihan 2

Amati hewan-hewan di sekitarmu!
Apakah ada hewan yang hidup didarat
Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang jenis makanan hewan itu.
Tulislah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.
No
Nama Hewan
Jenis makanan
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10




Hewan yang hidup didarat contohnya ...........................
Hewan yang hidup di darat makanannya ........ .............


Latihan 3

Amati hewan-hewan yang ada di sekitarmu!
Apakah ada hewan yang hidup di air?
Diskusikan dengan temanmu tentang jenis makanan hewan itu!
Tulislah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.
No
Nama Hewan
Jenis makanan
1


2


3


4


5



Hewan yang hidup di air contohnya ...... ......
Makanan hewan yang hidup di air ialah................................

Latihan 4

-       Amati hewan-hewan yang ada disekitarmu bersama kelompokmu.
-       Tiap kelompok beranggotakan 3-4 orang.
-       Diskusikan bersama kelompokmu tentang asal makanan hewan. yaitu jenis makanan dari hewan dan jenis makanan dari tumbuhan.
-       Tuliskan hasil pengamatanmu pada table berikut ini


Hewan yang hidup didarat
Hewan yang hidup di air
No
Nama hewan
Jenis makanan
No
Nama hewan
Jenis makanan
Tumbuhan
hewan
Tumbuhan
hewan
1







2







3







4







5








Kesimpulan :
Hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan ialah......................
Hewan yang makannya berasal dari hewan adalah.........................


Mengetahui:                                                                Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah



..............................................                                      ..................................................                                                                     










Sumber Pustaka :
  1. http://1lmu.blogspot.com/2008/12/ragam-metode-pembelajaran-interaktif.html
2.       Drs Sayiful Bahri Djamarah, Drs Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Penerbit Rineka Cipta, Cetakan ke tiga , Agustus 2006
3.       Dra. Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mangajar, Penerbit Rineka Cipta, Cetakan ke tujuh , Maret  2008



1 komentar: