Animated flag images by 3DFlags.comSEMOGA SEMUA YANG SAYA UPLOAD DI BLOG INI BERGUNA BAGI TEMAN-TEMAN, BLOG INI SEBAGIAN BESAR BERISI TENTANG BAHAN-BAHAN KULIAH SAYA YANG JUGA SAYA GUNAKAN SEBAGAI ARSIP SENDIRI, JADI BANYAK YANG BUKAN TULISAN SAYA SENDIRI... MOHON DIMAKLUMI Animated flag images by 3DFlags.com

Senin, 10 Oktober 2011

TUGAS INOVASI DAN PENELITIAN


Nim     : 292008018

Penjelasan bagian-bagian dalam pendahuluan sebuah penelitian.
Pendahuluan berisi tentang : latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, manfaat penelitian, Ruang lingkup dan batasan penelitian.
1.      Latar belakang masalah
Latar belakang masalah merupakan situasi problematic yang menjadi dasar pijakan perumusan masalah penelitian. Dengan demikian latar belakang masalah akan memberikan informasi mengapa peneliti tertarik untuk mengangkat masalah penelitian tertentu. Jika dilihat dai kiblat berpikir ( deduksi dan induksi ) maka latar belakang masalah dapat bersumber dari dua arah yaitu , yang bersifat teoritik dan yang bersifat pragmatic. Pabila latar belakang masalah bersumber dari arah teroritis maka bersumber dari aras teoritis maka tujuan pnelitiannya adalah mengukur konsep atau menguji model atau teori. Latar belakanglata belakang yang bersifat pragmatic secara kusus dalam rangka untuk mencari alternative penyelesaian atas masalah tertentusehingga penelitian ini mengarah pada penelitian terapan.
Contoh :
Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas rendah mengharuskan menggunakan pembelajaran tematik, tetapi dalam kenyataannya guru-guru dengan metode pembelajaran yang diterapkan dikelas masih mengalami banyak kesulitan untuk dapat menghububungkan atau mengkaitkan mapel atau materi tertentu dangan mapel lain dengan tema yang sama. Apabila dipaksakan, peserta didik justru menjadi kebingungan untuk bisa memahami materi yang disampaikan Karena untuk kelas rendah mereka belum bisa memilah-milah informasi yang mereka dapatkan. Beranjak dari itu maka perlu sebuah pengembangan dalam media untuk dapat menjembatani pendidik dengan peserta didik dengan prinsip menekankan pada keaktifan dan motivasi siswa untuk memperoleh informasi dengan menyenangkan.

2.      Perumusan masalah
Stelah masalah diidentifikasi, dipilih, lalu dirumuskan. Perumusan ini penting karena hasilnya akn menjadi penuntun bagi langkah-langkah berikutnya.
Perumusan masalah memperhatikan hal-hal berikut :
a.       Masalah hendaknya dirumuskan dalm kalimat Tanya.
b.      Pokok prmasalahan  merupakan inti masalh yang akan diteliti.
c.       Rumusan itu hendaknya padat dan jelas.
d.      Rumusan itu hendaknya memberi petunjuk tentang mungkinnya pengumpulan data guna menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkandung dalam rumusan itu.
Contoh :
1.      Apakah minat belajar siswa meningkat dengan belajar menggunakan media CD atau video interaktif dalam pembelajaran tematik.
2.      Bagaimana efektifitas pengguanaan media CD interaktif dalam pembelajaran tematik
3.      Bagaimana tingkat pemahaman materi siswa saat belajar dengan media CD interaktif dalam pembelajaran tematik.
3.      Tujuan penelitian
Tujuan penelitian adalah pernyataan singkat mengenai sesuatu yang akan dicapai segera setelah penelitian selesai dikerjakan. Tujuan penelitian harus dirumuskan secara spesifik mengacu pada perumusan masalah, sehingga dari rumusan itu tampak jelas tentang apa yang akan dihailkan. Spesifikasi tentang rumusan tujuan berfungsi juga sebagai tolak ukur dalam mengkaji hasil penelitian. Penelitian bertujuan untuk mnejajaki, menerangkan, membuktikan suatu gejala, konsep , dugaan atau membuat suatu prototip.
Contoh :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembang sebuah media pembelajaran dengan video atau audio visual dan CD interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan tujuan akhir menghasilkan sebuah produk CD interaktif yang dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tematik.

4.      Manfaat penelitian
berisi uraian tentang manfaat atu keguanaan dari hasil suatu enelitian
Manfaat peneliian dapat berupa :
a.       Manfaat teoritis/akademis yaitu manfaat yang berkaitan erat dengan pengembangan ilmu dan teknologi, pengembangan kelembagaan, pengembangan produk ( metode, cara, teknologi, model dan kebijakan ).
b.      Manfaat praktis, yaitu manfaat yang bersifat terapan dan dapat segera digunakan untuk keperluan praktis seperti memecahkan sesuatu. Missal membuat keputusan atau memperbaikisuatu program yang sedang dikerjakan, dan juga manfaat yang diperoleh oleh pemrakarsa atau sponsorpenelitian sesuai dengan tujuan yang mereka kehendaki
Contoh :
a.       Manfaat teoritis
Hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan bagi para pendidik untuk dapat mengembangkan sebuah media yang dapat menunjang sebuah pelaksanaan pembelajaran yang dilakuakan, dan memberi gambaran bagaimana efektifitas media CD interaktif dalam sebuah pembelajaran.
b.      Manfaat praktis
·         Bagi guru, dapat meningkatkan kreatifitas guru untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan.
·         Bagi siswa, siswa mudah memahami dan mengambil informasi yang ada dalam sebuah materi pembelajaran.

5.      Ruang lingkup dan batasan penelitian
Berisi penjelasan tentang ruang lingkup dan batas-batas permasalahan yang akan diteliti atau produk yang akan dikembangkan.
Contoh : pengembangan media CD interaktif dalam pembelajaran tematik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar